Jul 18, 2014

Cara Membuat Tteobokki

Penasaran sama makanan yang namanya tteokbokki itu kayak gimana. setiap gue liat ada yang makan di Film atau reality show, kadar air liur gue langsung meningkat drastis~!!! kayaknya ini makanan enaaak banget, mau makan belom sempet nyari ^^~! karna itu gue mutusin untuk bikin dan nyari2 resepnya seantero web!! ini dia yang gue temuin di mulai dari Garae Tteok-nya, apaan sih tu si Garae Tteok?? 가래 떡 adalah jajanan dari beras yang berbentuk bulat memanjang yang merupakan bahan dasar Tteokbokki. terus terang nyari kue beras ala korean di sini agak susah, waktu itu sempet ketemu dan harganya muahaaaal~ abeeees (untuk harga makanan belom jadi lho~)

ini dia resep Garae Tteok-nya:

1. Bahan-bahan :

-Tepung beras 300 g
-Air 110cc (di kira2 aja, adonan jgn terlalu encer dan jgn terlalu keras juga)
-Minyak wijen
2 . Cara membuatnya : 

Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi deeeeh~
Kalo kue berasnya udah jadi sekarang giliran Tteokbokkinya...
Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):
1. Bahan-bahan : 
-200 g Tteok (kue beras)
-1/4  bawang bombay
-30 g wortel
-2 buah jamur Shitake kering
-1 buah cabe hijau dan merah
-1 sdt minyak goreng
-1 sdt minyak wijen

2. Bahan-bahan untuk bumbu
-1 sdm bubuk cabe merah
-1 sdm gochujang , pasta cabe merah
-bawang putih yang dicincang halus secukupnya
-1/2 sdm gula pasir
-3 sdm kaldu daging
-sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen

3. Cara memasaknya : 
Tteok dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bumbu. Setelah bumbu masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu meresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan.

cr:fullywithdorkness

No comments:

Post a Comment