Jun 14, 2014

Perbedaan dan Persamaan SM ent dan YG ent

ini adalah ulasan seputar perbedaan dan persamaan yang dimiliki oleh SMTOWN dan YGFAMILY
hargai ya,.. nyari nya sulit x_x


SM ENTERTAINMENT
YG ENTERTAINMENT
1.    VISUAL: Visual SM Entertainment ini rata-rata menunjukkan sisi kecantikan/ketampanan mereka+tinggi badan. Mari kita lihat Siwon Super Junior, Yoona Girls Generation, Minho SHINee, Sulli f(x), Kai EXO-K, Luhan EXO-M. Kalau dilihat dari tiap groupnya, mereka termasuk yang paling cantik/tampan yang natural.
1.  VISUAL: Kalo untuk visual kayanya YG Entertainment juga menerapkan hal yang sama. Kita ambil 2 group, yaitu Bigbang dan 2NE1. TOP Bigbang dan Sandara 2NE1. Mereka berdua sama-sama tampan dan cantik. Bukan berarti anggota lainnya tidak tampan dan cantik, tapi mereka mempunyai sisi tampan dan cantik yang LEBIH.
2.   RAPPER: Eunhyuk Super Junior, Tiffany Girls’ Generation, Minho SHINee, Amber f(x), Chanyeol EXO-K, Kris EXO-M, kalau untuk Rap kayanya Rap asuhan SM Entertainment ini mudah ditiru dan diserap yang dalam arti ga susah-susah banget, mungkin yang dibilang agak susah yaitu Kris EXO-M, mungkin karna kita ga terlalu familiar dengan b. Mandarin
2. RAPPER: G-Dragon&TOP Bigbang, CL 2NE1. Ga tanggung-tanggung Bigbang dengan 2 main rapper. YG Entertainment terkenal dengan style mereka yang ke arah hiphop, dan dari berbagai lagu, gaya rap mereka ke arah rhythm dan fast. Yang artinya ga semua lagu dapat diserap dan ditiru.
3.   DANCE: Sudah menjadi visual umum bahwa asuhan SM Entertainment mengutamakan unsur dance. Setiap lagu, maupun itu pop atau ballad, dance selalu ada. Setiap penampilan dan juga menjadi bahan utama saat membuat music video. Dance mereka pun tak tanggung-tanggung, gerakan yang dilakukan pun enak dilihat dan ingin untuk melakukan covernya.
3. DANCE: Berbeda dengan YG Entertainment, mereka tidak terlalu mementingkan unsur ini. Contoh saja, dalam music video bagian menampilkan kualitas dance mereka tidak terlalu ditonjolkan. Mereka lebih mengutamakan fashion dan kualitas hip hop yang luar biasa. Dalam penampilan live, baru mereka menampilkan unsur dance.
4.   HEIGHT: Ah ini dia ini factor utama kalo mau jadi trainee nya SM Entertainment. Harus tinggi. Rata-rata dari mereka tinggi, jenjang dan ramping.
4. HEIGHT: Sekali lagi, YG Entertainment tak terlalu mementingkan unsure ini, mereka mengandalkan fashion dan kualitas hiphop. Tak heran Bigbang dinobatkan dalam chart yang dibuat netizen sebagai boygroup dalam kategori pendek. Dan begitu juga 2NE1.
5.   LEADER: Rata-rata leader groups SM Entertainment memiliki patokan dari usia. Leeteuk Super Junior, Taeyeon Girls’ Generation, Onew SHINee, Victoria f(x) dan SUho EXO-K. mereka-mereka ini yang paling tua diantara member lainnya, namun berbeda dengan Kris EXO-M dia menjadi leader dikarenakan fasih dalam 4 bahasa (Mandarin, Korea, English, Cantonese) yang sebenarnya paling tua adalah Xiumin EXO-M.
5. LEADER: Ini adalah factor yang digunakan YG untuk mengandalkan fashion dan kualitas hiphopnya. Yaitu memilih leader yang paling menonjol. G-Dragon Bigbang dan CL 2NE1. Yang dituakan adalah TOP Bigbang dan Park Bom 2NE1. Karena G-Dragon dan CL 2NE1 lebih menonjol dan diharap dapat menjadi leader yang dapat menonjolkan fashion dan hip hop.
6.   MUSIC VIDEO: nah kita liat nih jenis MV yang sering banget SM Entertainment gunakan dalam jenis. MV artists SM Entertainment kebanyakan menampilkan tiap group kualitas dance, wajahnya tuh, dan juga beberapa acting yang membutuhkan model. Macam SHINee Amigo, SHINee Juliette, Super Junior No Other dan yang lainnya. Namun kebanyakan dan sisanya, mereka hanya menampilkan kualitas dance dan model yang digunakan adalah mereka sendiri tak ada alur dalam music video. Tempat yang digunakan juga lebih sederhana dan biasa yang ditaksir tak terlalu mahal.
6. MUSIC VIDEO: nah kalo YG Entertainment ini campur-campur. Ada sebagian MV yang menampilkan model luar, ada juga yang dalam 1 MV hanya menampilkan para member. Kualitas dance dalam MV tidak begitu ditonjolkan, mereka lebih menonjolkan sisi budget yang dikeluarkan. Tak tanggung-tanggung kebanyakan MV buatan YG Entertainment ini dapat ditaksir dan dilihat TIDAK MURAH alias mahal. Contohnya 2NE1 I Am The Best, Bigbang Love Song (mobil terbakar) dan yang lainnya. MV YG Entertainment ini kebanyakan mempunyai alur cerita dan isi cerita dari lagu tersebut.
7.  PERFORMANCE: kalo performance mungkin semua rata-rata sama. Tidak lip sing (lip = bibir, sing = bernyanyi) eh agak heran juga sih gue orang kalo nulis lip sing itu jadi “lypsinc yang artinya ga ada apa-apa. Padahal lip sing itu tulisannya kan “lip sing. Entah lupakan -_- kalau untuk groups mereka menampilkan kualitas dance mereka sendiri. Kecuali BoA, Kangta dan TVXQ yang membutuhkan dancers tambahan.
7. PERFORMANCE: kalo performance asuhan YG Entertainment sih membutuhkan dancers tambahan. Baik 2NE1, Bigbang, PSY, Epik High dan yang lainnya. Mereka butuh, mungkin karna supaya rame. Tapi kalo dari unsure kualitas suara mereka, gausah ditanya kali ya.
8.   PLASTIC SURGERY: nah ini nih yang ini nih. Mungkin ga semua artists SM Entertainment melakukan plastic surgery, hanya beberapa diantara mereka, namun beberapa tersebut dikatakan dalam jumlah yang banyak. Mungkin bisa dicontohkan Jessica Girls Generation, Shindong Super Junior, Kyuhyun Super Junior. Namun mereka melakukan plastic surgery mungkin juga karna alasan kesehatan. Terkecuali member EXO, baik EXO-K maupun EXO-M yang dikabarkan mereka sama sekali tidak melakukan plastic surgery, katanya sih confirmed nya begitu.
8.  PLASTIC SURGERY: kalo YG Entertainment harus dikasih tepuk tangan dulu dong, mereka ini anti banget plus juga mengharuskan artis mereka ini tidak melakukan plastic surgery. Kecuali Daesung Bigbang ia melakukan plastic surgery karna hidungnya pernah kecelakaan kalo ga salah *_*V
9.   FOUNDER: Lee Soo Man, ini pamannya Sunny Girls Generation. Dia ga begitu sering dipublikasikan ke media, jarang terlihat dalam berbagai acara dalam kata lain jarang nongol mukanya, kecuali saat itu aja tuh waktu SMTOWN LIVE IN LA dan dia berpelukan sama member Super Junior, Amber f(x) dan yang lainnya saat di backstage dan juga foto keluarga sekampung di S.Mart Exhibition Selebih dari itu, aku sih jarang liat ~_~V
9. FOUNDER: Yang Hyun Suk. Founder YG Entertainment ini baru-baru ini mengalahkan kekayaan yang dimiliki Lee Soo Man karena kepopularitasan Gangnam Style dan juga bantuan dari G-Dragon Solo yang menambah kekayaannya lebih banyak lagi. Ia lebih aktif kepada para artisnya, contohnya saja saat 2NE1 mengeluarkan video I Love You dance practice, yang merekam latihan 2NE1
adalah ia sendiri.
10. FAMILY: Sebutan untuk SM Entertainment’s family adalah SMTOWN. SMTOWN itu sebutan untuk mencakup semua artis dalam naungan SM Entertainment, kata SMTOWN juga digunakan dalam World Tour mereka dan nama user (pengguna) di Youtube. User yang dulu adalah sment, sekarang dirubah menjadi SMTOWN.
10.  FAMILY: Sebutan untuk YG Entertainment’s family adalah YG FAMILY. Sama ko kaya SM Entertainment, nama YGFAMILY juga digunakan dalam world tour mereka dan nama user di Youtube. Sama juga kaya SM Entertainment, dulu user YG Entertainment di Youtube itu ygent, sekarang diganti jadi YGFAMILY.
11.  NAME STAGE: Nama artists SM Entertainment ini campur-campur. Ada sebagian yang menggunakan nama asli ada juga yang menggunakan nama lain. Nama lain digunakan mungkin untuk lebih keren dan mudah dihapal dan juga lebih modern. Contohnya: Leeteuk, Yesung, Kangin, Sunny, Sulli, Luna, Krystal, Suho, DO (singkatan), Kai, Kris, Xiumin, Chen, U-Know, Max.
11.    NAME STAGE: Nama artists YG Entertainment juga campur-campur, ada yang nama asli ada juga nama campur. Tujuannya juga tak lain untuk lebih memudahkan mengenali artis, lebih keren, lebih modern juga. Contohnya: TOP, PSY, Seungri, Taeyang, G-Dragon, CL (Singkatan) dan Gummy.
12. ROOKIE: Rookie SM Entertainment saat ini adalah EXO. Dengan tema mereka ini dari EXO Planet dan nyampe ke bumi dengan membawa 12 kekuatan.
12.   ROOKIE: Rookie YG Entertainment? Tunggu January 2013. Mungkin SM Entertainment punya EXO sebagai boygroup nya, sedangkan YG Entertainment punya cewenya. Yang akan digandrungi oleh, Jennie Kim, Eunae Kim, Kim Yuna, Lalice Manoban, dan 1 lagi yang dirahasiakan namanya, mungkin visual (sotau -_-)

ini mungkin ga semua... sebisanya gue nyari..
cr: hexagonalda

No comments:

Post a Comment